Bencana alam berupa banjir dan longsor yang terjadi di Cimanggung Sumedang pada Sabtu, 9 Januari 2021 masih menyisakan kesedihan bagi kita semua. Hujan deras yang mengguyur Sumedang pada Sabtu sore, menyebabkan tanah longsor dan menimpa warga. Setidaknya samapai Ahad siang, ada 13 korban jiwa termasuk petugas Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) dan aparat TNI yang pada saat itu sedang membantu mengevakuasi para korban.

Sehari setelah kejadian tersebut, lembaga sosial di bawah naungan Al Ma’soem Group yaitu Musaadatul Ummah Al Ma’soem Bandung yang diwakili oleh Asep Sujana, Yanthi, Yudhy dan Asep Halim langsung terjun ke lapangan untuk meninjau lokasi kejadian sekaligus memberikan bantuan air minum dalam kemasan dan sembako berupa mie instan, telor dan minyak goreng. 

Mussaadatul Ummah Al Ma’soem sendiri merupakan lembaga sosial di bawah naungan Al Ma’soem group yang menghimpun dana dari zakat, infaq, shadaqoh dari Al Ma’soem yang beralamat di Jln. Raya Rancaekek KM 21 Bandung memiliki visi terwujudnya lembaga yang amanah dan profesional sehingga dapat dipercaya, mempunyai kemampuan dan integritas untuk mengembangkan zakat, infak dan shodaqoh bagi kepentingan ibadah dan kesejahteraan ummat serta misi memberikan layanan pendidikan untuk kaum dhuafa baik formal, informal dan non formal; Meningkatkan kemandirian secara ekonomi kaum dhuafa; Memberikan layanan sosial dan kesehatan bagi kaum dhuafa; dan Meningkatakan dakwah Islam yang rahmatan lil’alamin.

By WYT