BPRS ALMASOEM – Dalam rangka kegiatan sosial agama, Ma’soem Group merenovasi kembali fasilitas pendidikan dan sarana ibadah untuk masyarakat sekitar berupa Masjid dan Madrasah dengan tujuan memperkuat ukhwah islamiah yang diresmikan Kembali di Dusun Dangder RT 02 RW 11 Desa Mekargalih Kecamatan Jatinangor Kabupaten Sumedang pada tanggal 17 Maret 2022.

Peresmian Kembali Masjid dan Madrasah tersebut diisi dengan Peringatan Isra Miraj Nabi Muhammad SAW 1443 Hijriyah dan Kegiatan Amalan Malam Nisfu Syaban. Hadir dalam acara tersebut, Direktur Utama Al Ma’soem Grup, H. Entang Rosadi Ma’soem, Ketua Yayasan Musa’adatul Ummah Al-Ma’soem, H. Ceppy Nasahi Ma’soem, Direktur Pendidikan Yayasan Al-Ma’soem, Asep Sujana, Ketua MUI Kecamatan Jatinangor dan MUI Desa Mekargalih, Ketua DMI Jatinangor, Kepala Desa Mekargalih Dadan Jamaludin, Ketua DKM Masjid serta para tamu undangan lainnya.

Bapak H. Entang Rosadi Ma’soem selaku Pimpinan Masoem group serta wakil dari Wakif dan Nadzir Wakaf, mengatakan bahwa tanah wakaf ini dan bangunan sebelumnya merupakan wakaf dari orang tuanya terdahulu yaitu Bapak H. Ma’soem dan Hj. Siti Aisyah sebagai ladang amal jariyah dari beliau – beliau. Seiring dengan berjalannya waktu bangunan tersebut menjadi lapuk serta memerlukan perbaikan, padahal bangunan tersebut sangat dibutuhkan untuk sarana pendidikan agama anak – anak dan masyarakat sekitar. “Maka kami sebagai penerus merasa sangat perlu meneruskan kebaikan beliau-beliau dengan merehab total bangunan ini. Hingga seperti yang disaksikan sekarang, walaupun sederhana tetapi in syaa Alloh luas manfaat. Tentunya dengan dukungan dan bantuan para tokoh dan masyarakat semuanya,” ujarnya.

Beliau juga menambahkan bahwa suatu kebaikan harus disebarkan, oleh karena itu pihak Ma’soem Group mengajak semua masyarakat untuk bahu – membahu memakmurkan tempat ini agar senantiasa bisa memberikan manfaat yang lebih luas mulai dari sholat berjamaah, pengajian-pengajian, dzikir, sholawat, memaksimalkan pendidikan agama bagi anak – anak dan lingkungan  dan lain sebagainya.

Alhamdulillah bangunan Masjid dan Madrasah lancar direnovasi sesuai target karena bantuan dan andil dari warga. Sementara itu, Ketua Yayasan Musa’adatul Ummah Al-Ma’soem Bandung Dr. Ir. H. Ceppy Nasahi Ma’soem mengatakan Al-Ma’soem membangun masjid dan madrasah ini sudah selesai dengan lancar sesuai target tentunya bukan hanya kebaikan dari keluarga Bapak H. Ma’soem, terkhusus dalam hal ini Bapak H. Entang, tetapi juga karena kekompakan warga masyarakat yang bahu membahu bersama panitia untuk mewujudkan ini.

Menurut Bapak Haji Ceppy, masjid merupakan tempat suci bagi umat Islam. Disamping sebagai tempat shalat dan bersujud, masjid juga berfungsi sebagai pusat kegiatan keislaman. Di dalam suatu hadis disebutkan bahwa masjid merupakan rumah Allah SWT di dunia. Dalam Q.S At-Taubah : 18, Allah SWT berfirman yang artinya: “Hanyalah yang memakmurkan masjid-masjid Allah, ialah orang-orang yang beriman, kepada Allah dan hari kemudian, serta tetap mendirikan sholat, menunaikan zakat, dan tidak takut (kepada siapapun) selain kepada Allah, maka merekalah orang-orang yang diharapkan, termasuk golongan orang-orang yang mendapat petunjuk.”

Semoga Masjid dan Madrasah yang direnovasi serta diresmikan Kembali ini meberikan manfaat dan menjadi pemantik semangat untuk terus menghidupkan aktivitas keagamaan dan keilmuan di tengah masyarakat, sehingga insyaAllah sukses bersama-sama mencapai kemaslahatan ummat di dunia dan akhirat.

Leave a Reply

Your email address will not be published.